Kamis, 28 Juni 2012

Alasan Kenapa Formula 1 Tidak Ditayangkan Di Televisi Nasional Pada Tahun 2012


jenjelek's blog: Logo Formula 1 
Bagi agan-agan penggemar ajang balapan mobil nomor satu di dunia yaitu Formula 1 tentu tahun ini merasa sedih dan kecewa. Hal ini disebabkan tahun ini formula 1 tidak tayang di layar televisi di rumah kita. Memang, di tahun 2012 ini Global TV sudah tidak menayangkan ajang balapan formula 1 lagi. Padahal pada tahun 2011 kemarin, televisi nasional selaku pemegang hak siar formula 1 di Indonesia ini, masih menayangkan ajang balapan ini. Apa sih penyebab formula 1 tidak ditayangkan lagi oleh televisi nasional? Ini beberapa alasan yang mungkin akan menjawab pertanyaan agan sebagai penggemar formula 1.


Yang pertama, dominasi satu tim. Tanda-tanda balapan formula 1 sudah tidak akan di siarkan pada tahun 2012 memang sudah terbaca sejak tahun 2010. Menurut opini saya selaku penggemar formula 1, ajang balap ini di Indonesia sudah sedikit mengalami penurunan rating dalam hal siaran sejak balapan ini di dominasi tim Red Bull racing team dengan pembalapnya yaitu Sebastian Vettel mulai musim balap 2010. Loh, bukannya hal ini sama pada era Michael Schumacher waktu di Ferrari ya? Pertanyaan itu langsung muncul di pikiran kita saat membaca alasan tersebut. Memang boleh dikatakan jika era dominasi Vettel yang juga sering disebut "baby schumi" ini memang tidak jauh beda dengan era dominasi senior compatriotnya yaitu Schumacher era tahun 2000an. Patut digaris bawahi, bahwa dominasi satu tim apalagi satu pembalap saja memang membuat jalannya balapan akan menjadi membosankan. Selama balapan berlangsung, sudah pasti yang menempati urutan pertama ya pembalap itu saja dan tidak ada aksi overtaking untuk memperebutkan posisi juara. Bahkan, kita sudah bisa menebak siapa pemenang balapan sebelum race dimulai. Hal inilah yang terjadi pada era dominasi Vettel atau Schumacher.


Yang kedua, paket program penyiaran formula 1. Meskipun dulu era Schumi juga sama membosankannya dengan era dominasi Vettel, tapi yang membedakan antara penyiaran balap formula 1 pada era dominasi Schumacher dan era dominasi Vettel adalah paket program penyiarannya. Dulu, pada tahun 2000an saat dominasi Schumacher di lintasan formula 1 terjadi, pada saat formula 1 masih ditayangkan RCTI atau TPI (sekarang MNC TV) paket siaran formula 1 dibuat semenarik mungkin. Sesi race dan kualifikasi ditayangkan secara live pada hari sabtu (kualifikasi) dan minggu (race). Disamping itu, setiap minggunya ada program F1 highlight untuk membahas hasil balapan dan hal-hal seputar formula 1. Tapi, pada saat era dominasi Vettel pada, dimana  hak siar formula 1 sudah dipegang Global TV, paket penyiaran program formula 1 tidak semenarik waktu dulu. Hanya sesi race saja yang disiarkan live, sedangkan sesi kualifikasi hanya disiarkan secara tunda, jam siarnya pun tengah malam, tepat pukul 24.00. Program F1 highlight juga ditiadakan. Hal ini secara tidak langsung juga menurunkan minat para penggemar formula 1 apalagi orang awam yang baru berniat mengenal formula 1 terhadap siaran balap formula 1. Alhasil, rating formula 1 juga ikut menurun juga.


Yang ketiga adalah sponsor. Tidak dipungkiri, untuk mendapatkan hak siar ajang balap formula 1 membutuhkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu, peran sponsor sangat besar dalam keberlangsungan siaran formula 1 di televisi nasional kita. Buat membandingkan, coba kita tengok kenapa balap motogp bisa terus disiarkan televisi nasional sejak tahun 1990an. Hal ini disebabkan ada dua pabrikan motor, yang pangsa pasar otomotifnya berada di Indonesia, yang ikut di ajang balap tersebut dan bergantian menjadi sponsor utama program siaran motogp. Kembali ke formula 1, dulu Toyota sempat menjadi sponsor utama program siaran formula 1 berkaitan keikutsertaan pabrikan ini dalam ajang formula 1. Tapi setelah pabrikan ini mengundurkan dari ajang formula 1 maka secara otomatis toyota tidak lagi mensponsori siaran formula 1.   Gosip yang beredar kenapa Global TV tidak menyiarkan balap formula 1 musim 2012 adalah karena tidak mendapatkan sponsor utama untuk tahun 2012. Alhasil, Global TV memutuskan untuk tidak lagi menyiarkan balap formula 1. Padahal sebulan sebelum musim balap 2012 dimulai, masih ada tayangan tentang formula 1 yang akan segera dimulai di Global TV.


Sebenarnya, keputusan untuk tidak menayangkan program balap formula 1 musim ini meninggalkan penyesalan. Kenapa? Musim ini, balap formula 1 menjadi sangat kompetitif dan tidak membosankan seperti musim-musim yang sebelumnya. Setelah menjalani 8 seri grand prix, muncul 7 pembalap berbeda yang memenangi balapan. Baru Alonso saja pembalap yang berhasil memenangi balapan sebanyak dua kali. Di klasemen juga terjadi persaingan poin yang sangat ketat antara Alonso (pemimpin klasemen sementara), Webber, Vettel, dan Hamilton untuk merebut gelar juara dunia musim 2012. Tentu, jika musim 2012 ini formula 1 ditayangkan maka ratingnya pun akan naik drastis seiring serunya persaingan para pembalap di lintasan musim ini. Hal ini juga pasti akan menarik perhatian yang sangat besar dari masyarakat penggemar otomotif dan balap di Indonesia.


Sebagai penggemar formula 1, ane cuma bisa berdoa dan berharap agar ajang balap formula 1 musim 2013 dapat disiarkan lagi di Global TV atau televisi nasional lainnya. Amiiiiiiiin.....
Semoga info diatas bisa membantu dan menjawab pertanyaan agan selama ini mengenai hilangnya formula 1 dari layar televisi kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar